• Juni 7, 2024

Brand Fashion ZARA Banjir Kecaman usai Diduga Sindir Genosida Palestina

Brand fashion Zara belakangan ini jadi bulan-bulanan masyarakat online dunia. Pasalnya, iklan terupdate mereka disebut-sebut mengusung konsep aksi genosida yang dikerjakan Israel terhadap Palestina.

Dalam sebagian pemotretan, produk fashion asal Spanyol itu menonjolkan manekin berlapiskan kain putih yang terlihat dibopong oleh contoh McMenamy. McMenamy juga berdiri di sebuah kotak kayu yang terlihat mirip dengan peti mati.

Dari pantauan di media sosial, salah satu potret yang banjir kecaman masyarakat online itu sebagian telah dihapus di akun Instagram resmi Zara. Meskipun demikian, masih ada sebagian potret dari iklan terupdate mereka yang diduga menyindir genosida Palestina itu.

“Sebuah penerapan dalam desain terfokus yang dirancang untuk menonjolkan aspek-aspek terbaik dari kemampuan-kemampuan kreatif dan manufaktur Zara, Zara Atelier menawarkan satu baju, enam cara dan kemungkinan-kemungkinan tak terbatas,” tulis postingan Zara, dikutip Pekan (10/12/2023).

Aksi Zara yang disebut-sebut mengangkat berita genosida Palestina untuk iklan mereka itu sontak memancing amarah masyarakat online dunia. Malahan tak sedikit yang menggencarkan aksi boikot terhadap brand baju yang telah berdiri semenjak 1975 tersebut.

Hingga Pekan (10/12/2023) petang, tagar #Zara menjadi trending topic di media sosial X. Setidaknya terdapat total 171 ribu cuitan yang mengecam aksi Zara.

Boikot Zara bila belum! Mereka mengumumkan koleksi baru mereka menggunakan genosida di #Gaza,” tulis akun slot mahjong X @insiderwolrd_1

Sakit bgt nih ZARA sinting, mereka menggunakan keadaan Genosida di Palestina sebagai campaign koleksi terupdate mereka. Peti mati, mayat, kematian, debu, reruntuhan, kerusakan, very insenstive & PURE EVIL. DISGUSTING,” komentar @skinbrotha.

“Guys liat parah banget ini BRAND ZARA, mereka gunain keadaan genos!da di p4lestine buat campaign koleksi terupdate mereka. Sampah,” kata @westhentu.

“Gw awalnya mikir Zara ngebuat desain fashion jenazah sebagai lambang simpati. Kagak taunya kayak gini. Ngaku2 yg ngebiayain R.S. di Gaza Israhell pula. SERANG DAH, PERLU DI GAS INI !” mengasyikan @greschinov.